Beasiswa S2 Monbukagakusho ke Jepang 2017

0
419

Monbukagakusho merupakan program yang ditujukan bagi pribadi-pribadi yang berminat untuk bergabung dalam program research student di perguruan tinggi yang ada di Jepang. Adapun para pelamar yang berminat dengan program ini saat menjalani research student diperbolehkan untuk melamar ke program degree S-2 atau S-3.

Pelamar juga dapat langsung masuk ke program degree tanpa perlu mengikuti research student jika telah mendapatkan izin dari universitas bersangkutan. Beasiswa ini diberikan mencakup 100% biaya kuliah, biaya tunjangan hidup (kurang lebih ¥143.000 per bulan) dan tiket pesawat PP.

 

PERSYARATAN

  1. Berusia di bawah 35 tahun saat mendaftar.
  2. IPK akhir minimal 3.0.
  3. Nilai TOEFL-PBT/ITP minimal 550/ TOEFL-IBT minimal 79/ IELTS minimal 6.0 atau nilai Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level 2/N2. (TOEIC, TOEFL like dan TOEFL prediction tidak dapat digunakan). Untuk sertifikat TOEFL yang dapat digunakan mendaftar merupakan terbitan ETS.
  4. Memilih bidang studi yang relevan dengan disiplin ilmu sebelumnya.
  5. Bersedia belajar Bahasa Jepang (bagi yang belum menguasai bahasa Jepang).
  6. Sehat jasmani dan rohani (tidak boleh dalam keadaan hamil selama pendaftaran dan saat proses seleksi berlangsung. Termasuk saat keberangkatan ke Jepang jika dinyatakan lolos seleksi).

 

PERSYARATAN DOKUMEN

  1. Lembar print out konfirmasi registrasi online, berisi “Nomor Ujian” pelamar.
  2. Formulir aplikasi
  3. Field of Study dan Study Program
  4. Pasfoto 3,5 x 4,5 cm (ditempel pada formulir aplikasi, foto terbaru maksimal diambil 6 bulan terakhir, formal)
  5. Foto kopi Transkrip nilai yang sudah dilegalisir (dalam bahasa Inggris/Jepang)
  6. Foto kopi Ijazah yang sudah dilegalisir atau surat keterangan akan lulus (dalam bahasa Inggris/Jepang)
  7. Surat rekomendasi dari Universitas (jenjang pendidikan terakhir)
  8. Surat rekomendasi dari tempat bekerja bagi yang sedang bekerja
  9. Foto hasil karya atau rekaman bagi yang memilih bidang studi musik dan seni
  10. Abstract of Theses (abstrak penelitian atau skripsi jenjang pendidikan terakhir)
  11. Copy sertifikat dan hasil nilai TOEFL/IELTS/JLPT

 

Catatan:

  • Surat rekomendasi tidak perlu dimasukkan ke dalam amplop terpisah
  • Semua dokumen sudah harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris/ Jepang dan dibuat sebanyak 5 rangkap (1 rangkap original dan 4 rangkap foto kopi dari original). Dalam 5 rangkap berkas harus berisi dokumen sesuai yang disebutkan di atas. Dokumen juga perlu di klip atau di steples sesuai urutan
  • Tidak perlu melampirkan dokumen-dokumen yang tidak diminta
  • Dokumen harus dibuat dalam ukuran kertas A4
  • Semua dokumen yang sudah diserahkan, tidak dapat diminta kembali dengan alasan apa pun

 

TIMELINE/DEADLINE

Pendaftaran dibuka setiap bulan April sampai dengan Mei setiap tahunnya. Berkas paling lambat sudah harus tiba di Kedutaan Besar Jepang (bukan cap pos) sebelum pendaftaran ditutup.

 

CARA PENGAJUAN

  1. Registrasi dilakukan secara online melalui http://beasiswamext.or.id dan akan menerima email konfirmasi. Printout email konfirmasi tersebut.
  2. Formulir dan berkas yang diminta (1 rangkap original dan 4 rangkap foto kopi original), diserahkan atau dikirimkan ke;
    Bagian Pendidikan, Kedutaan Besar Jepang

    Jl M.H. Thamrin No. 24 10350

  3. Cantumkan kode “Research Student” pada bagian atas amplop

Adapun proses seleksi meliputi:

  • Kedutaaan Besar Jepang akan melakukan seleksi dokumen dan memberitahukan hasilnya diumumkan melalui website Kedutaan Jepang pada tanggal 3 Juni, dengan menampilkan “Nomor Ujian” pelamar. Kurang lebih 100 pelamar dipilih melalui seleksi dokumen.
  • Ujian tertulis Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang akan dilaksanakan di Jakarta, Denpasar, Surabaya, Medan atau Makassar setelah pengumuman seleksi dokumen. Nilai ujian tulis bahasa yang lebih tinggi akan digunakan sebagai pertimbangan seleksi.
  • Wawancara akan diadakan di Jakarta pada bulan Juli setiap tahunnya. Untuk detail dari seleksi wawancara akan ditentukan kemudian. Biaya akomodasi dan transportasi pelamar tidak disediakan oleh Kedubes Jepang.
  • Hasil seleksi wawancara akan diumumkan pada akhir bulan Juli. Dipilih kurang lebih 35 pelamar melalui seleksi wawancara.
  • Bagi yang dinyatakan lolos seleksi wawancara di Kedubes Jepang akan diberikan surat keterangan seperti di bawah ini, yang dapat digunakan untuk mencari dan meminta LoA dari perguruan tinggi di Jepang:

 

  1. Berkas formulir dan dokumen yang sudah diberi stamp Kedubes Jepang.
  2. Surat pengantar untuk perguruan tinggi di Jepang.
  3. Lembar ‘Letter of Acceptance (LoA)” yang akan diisi oleh perguruan tinggi di Jepang yang bersedia menerima pelamar. Dimana pelamar diperbolehkan memilih maksimal 3 perguruan tinggi untuk mendapatkan LoA/ izin penerimaan sebagai mahasiswa degree.

 

*LoA atau surat izin penerimaan dari universitas di Jepang harus dikirimkan maksimal 1 bulan ke Kedubes Jepang

*Kedubes Jepang akan merekomendasikan peserta ke pihak pemberi beasiswa

*Jika dinyatakan lolos, peserta akan resmi menjadi penerima beasiswa

*Pengumuman final diumumkan pada bulan Januari

 

Memperdalam pengetahuan mengenai bidang studi yang diinginkan di salah satu negara maju Asia, baik bagi yang sudah bekerja maupun fresh graduate sangat besar peluangnya melalui jalur beasiswa ke Jepang ini. Mengingat beasiswa bukan hanya akan membiayai kebutuhan akademik, tetapi juga biaya hidup selama menempuh studi di Negeri Sakura.

Beasiswa S2 Monbukagakusho ke Jepang 2017
Apakah artikel ini membantu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here