Strategi Lolos Tes IELTS Beasiswa Chevening 2023/2024

0
8999
Beasiswa Chevening adalah beasiswa pascasarjana selama satu tahun di Inggris (United Kingdom). Seperti yang tercantum di website resminya, Pendaftaran beasiswa Chevening untuk tahun ajaran 2022/2023 saat ini telah ditutup. Pendaftaran untuk tahun ajaran 2023/2024 akan dibuka pada 02 Agustus 2022.
Sebagai gambaran, berikut adalah timeline dari seleksi beasiswa Chevening tahun ajaran 2023/2024 yang sudah ditutup

Chevening Scholarships 2023/2024 timeline

8 August 2016 Applications open at 12:00 BST
8 November 2016 Applications close at 12:00 GMT
From 9 November 2016 Sifting of applications against eligibility criteria
Mid-November to December 2016 Independent reading committees assess eligible applications
January to early February 2017 Applicants are shortlisted for interviews by the British Embassies/High Commissions in-country
By mid-February 2017 Applicants are notified that they have been selected for interview
27 February 2017 Deadline to upload two valid references to the online application centre
6 March to 5 May 2017 Global interview period
Early June 2017 Announcement of interview results
13 July 2017 Deadline for UK university unconditional offers
13 July 2017 Deadline for meeting English language requirement
September/October 2017 2017/2018 Chevening Scholars commence their studies in the UK
Sekarang adalah saat yang tepat memulai mempersiapkan kemampuan bahasa Inggrismu untuk lolos beasiswa tahun ajaran selanjutnya 2023/2024. Masih ada 2 bulan sebelum pembukaan pada Agustus 2022 nanti.

Persyaratan Bahasa Beasiswa Chevening

Chevening menerima salah satu dari tes bahasa berikut

  • Academic IELTS
  • Pearson PTE Academic
  • TOEFL iBT
  • Cambridge English: Advanced (CEA)
  • Trinity ISE II (B2)
Di Kampung Inggris, belum ada lembaga yang membuka kelas TOEFL iBT secara khusus.  Lebih banyak lembaga yang membuka kelas IELTS seperti lembaga Test ES, Webster, Global E dan Elfast. Sedangkan untuk tes lain seperte Pearson PTE Academic, Cambridge English Advanced dan Trinity ISE II belum begitu populer di Indonesia. Dalam pembahasan selanjutnya akan lebih terfokus ke persiapan tes IELTS.
Chevening merinci hasil tes kemampuan bahasa

IELTS

Academic IELTS
Find a test centre
Overall score of 6.5 with a minimum score in each component of:
Listening 5.5
Reading 5.5
Speaking 5.5
Writing
5.5
Jadi target kamu adalah mencapai skor IELTS 6,5  dengan batas minimum masing-masing komponen seperti tercantum di atas
Selain memenuhi persyaratan bahasa dari Chevening, kamu juga harus memenuhi persyaratan bahasa yang ditetapkan oleh Universitas yang kamu tuju. Universitas bisa hanya menerima salah satu dari tes IELTS atau TOEFL iBT dan bisa menetapkan batas minimal skor yang lebih tinggi dibanding yang ditetapkan oleh chevening.
Kamu bisa langsung mencari program S2 yang ingin kamu tuju melalui search box berikut. Selanjutnya cari persyaratan bahasa (language requirement) dari Universitas penyelenggara program S2 yang kamu tuju.
Pastikan prorgam s2 yang kamu cari memenuhi persyaratan dari beasiswa Chevening
  • Durasi minimal 9 bulan, maksimal 12 bulan
  • Full time
  • Dimulai pada musim semi (september / oktober)

Persyaratan selengkapnya mengenai course bisa kamu baca disini
Bagaimana langkah untuk meraih skor IELTS 6,5 di Kampung Inggris

1. MENGUKUR KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SAAT INI

Pengukuran kemampuan dilakukan dengan melihat skor TOEFL ITP. Jika kamu pernah mengambil prediction tes TOEFL yang diselenggarakan oleh kampus atau kamu ikuti secara mandiri, maka akan mudah untuk mengidentifikasi dimana kemampuan Bahasa mu saat ini. Apakah berada di level dasar, menengah atau tingkat lanjut

Tabel Kemampuan Bahasa Inggris Berdasarkan Skor TOEFL ITP

Skor TOEFL ITP Level
<450 Dasar
450 – 500 Menengah
>500 Tingkat lanjut
Bagaimana jika belum pernah mengambil tes prediction TOEFL atau tes lain serupa? Opsi paling aman adalah mengasumsikan kemampuan Bahasa inggris mu ada di level dasar.

2. MENGHITUNG DURASI BELAJAR UNTUK MENCAPAI TARGET

Kampung inggris bukan lah tempat ajaib. Sim salabim dan kamu langsung mahir Bahasa inggris. Tidak seperti itu. Untuk menjadi mahir, memerlukan waktu. Bagi kamu yang kemampuan masih dasar, maka perlu waktu belajar lebih lama. Proses tidak akan mengkhianati hasil. Kampung inggris bukan tempat jalan pintas, melainkan tempat belajar Bahasa yang efektif dan efisien, dengan durasi belajar relative lebih singkat dan biaya lebih murah.

Berikut adalah tabel durasi waktu yang kamu perlukan untuk mencapai target skor sesuai persyaratan beasiswa Chevening
 
IELTS 6,5
Level Durasi
Dasar 3 – 4 Bulan
Menengah 2 Bulan
Tingkat lanjut
2 Minggu – 1 Bulan
Informasi durasi belajar perlu untuk menghitung waktu apakah kamu akan bisa mengejar deadline pendaftaran beasiswa. Sebagai contoh saat ini adalah bulan Maret. Masih ada 2 bulan sebelum pembukaan beasiswa Chevening pada Agustus 2022. Meskipun kemampuan kamu masih dasar , kamu masih memiliki banyak waktu untuk meraih skor IELTS 6,5, persyaratan dasar skor IELTS beasiswa Chevening.

3. MENENTUKAN LEMBAGA KURSUS DI KAMPUNG INGGRIS YANG SESUAI

Kampung Inggris Pare bukanlah sebuah nama satu lembaga. Melainkan sebuah kawasan di Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur dimana ada puluhan lembaga kursus Bahasa inggris. Masing-masing lembaga memiliki spesialisasi, ada yang fokus ke speaking, grammar, TOEFL dan IELTS. Kamu perlu memilih lembaga yang mengakomodir tujuan pribadimu. Untuk mencapai target skor persyaratan beasiswa, kamu perlu fokus di TOEFL atau IELTS. Apapun level Bahasa inggris mu, baik dasar, menengah atau mahir, ada kelas yang sesuai untumu di Kampung Inggris. Namun belum ada kelas dan lembaga di Pare yang fokus pada persiapan tes TOEIC.

Pembahasan lebih mendetail mengenai program dan lembaga yang sesuai level Bahasa Inggris mu saat ini dibahas pada artikel berikut

4. MENDAFTAR TES RESMI BAHASA INGGRIS

Chevening dan Universitas di Inggris  menyaratkan sertifikat tes yang dikeluarkan oleh lembaga resmi. Prediction test tidak berlaku . Sertifikat resmi TOEFL IBT dikeluarkan oleh ETS dan sertifikat IELTS dikeluarkan oleh IALF. Tes resmi TOEFL IBT dan IELTS diselenggarakan setiap bulan. Namun kuotanya terbatas. Kamu perlu mendaftar maksimal satu bulan sebelum tes dilaksanakan
TOEFL IBT
Update jadwal Tes TOEFL di Indonesia 2017 bisa kamu baca di website resmi ETS disini. Kamu bisa memilih lokasi tes di Bandung, Batam, Denpasar, Jakarta, Makassar, Malang, Medan, Pekanbaru, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta. Silakan pilih lokasi terdekat dengan tempat tinggalmu. Untuk lokasi terdekat dengan kampung inggris, kamu bisa memilih di Malang atau Surabaya.

 
IELTS

Update jadwal dan lokasi tes IELTS, silakan di cek ke tiga Web berikut
– IDP : https://www.ieltsessentials.com/global/registerforyourtest/findatestcentre
– IALF : http://www.ialf.edu/ieltsschedule.php
– British Council : http://www.britishcouncilfoundation.id/en/exam/ielts/dates-fees-locations
Pilih kota yang terdekat dengan tempat tinggal dan kampus mu. Tempat untuk tes IELTS resmi di Kampung Inggris ada di lembaga Global E sebagai perwakilan resmi dari lembaga IALF

Kapan kamu melakukan tes?

Idealnya adalah tepat setelah kamu selesai kursus Bahasa di Kampung Inggris. Pendaftaran tes TOEFL IBT dan IELTS bisa dilakukan secara online. Kamu bisa mendaftar saat belajar di Kampung Inggris. Kapan saat yang tepat untuk mendaftar. Saran kami adalah 1 bulan sebelum kursus selesai, kamu sudah mencari info mengenai jadwal dan lokasi tes. Hal ini penting untuk mengantisipasi kuota tes di lokasi yang kamu inginkan penuh. Jika kamu sudah yakin dengan progress belajar selama di kampong inggris, kamu bisa lekas mendaftar tes. Pastikan pula agar sertifikat tes keluar sebelum deadline.

  • Sertifikat IELTS terbit 14 hari kerja setelah mengikuti tes
  • Sertifikat TOEFL terbit 10 hari kerja setelah mengikuti tes
Ada pertanyaan? Silakan tinggalkan di kolom komentar di bawah