Wujudkan Kampung Inggris “Nol Kriminal”, Kapolda Jatim Meresmikan Brigadir RW Kampung Inggris

0
23

Brigadir Kampung Inggris

untuk mewujudkan kamtibmas dengan target zero kriminal  di Kampung Inggris Polres Kediri membuat terobosan baru dengan menerjunkan 20 lebih anggota polisi yang khusus bertugas di wilayah Kampung Inggris. Mereka yang bertugas nantinya diberi julukan ‘Brigadir Kampung Inggris’.

“Alasan utama adalah keinginan kuat Polres Kediri untuk menciptakan keamanan di Kampung Inggris, mengingat Kampung Inggris adalah Ikon kota Pare yg sudah dikenal secara nasional sebagai kampung wisata pendidikan yang aman dan nyaman,” ujar Kapolres Kediri AKBP A Yusep Gunawan kepada detikcom, Minggu (15/11/2015).

Rencananya, ‘Brigadir Kampung Inggris’ ini ditunjuk dari 21 anggota Patko Sabhara dipimpin oleh seorang Kanit sehingga total berjumlah 22 orang. Meski begitu, di lapangan nantinya secara operasional dari seluruh Satuan fungsi Polres Kediri juga terjun di Kampung Inggris.

“Kerawanan yang mungkin saja terjadi adalah curanmor, narkoba hingga laka lantas, sehingga dengan melakukan tindakan preentif dan preventif, Kampung ingris tetap terjaga kenyamannya,” imbuh pria mantan Kapolres Jombang.
Para personel ini nantinya diharapkan akan memberikan rasa aman kepada para mahasiswa yang menimba ilmu di kampung inggris, yang notabene terkenal di tingkat nasional bahkan internasional. Karena mayoritas pelajar menggunakan Sepeda Ontel sebagai alat transportasi utama, 21 Brigadir ini nantinya setiap hari akan melakukan kegiatan patroli menaiki sepeda ontel. Selain itu, mobil khusus juga disiapkan. Tak hanya itu saja, pos Brigadir RW ini juga telah disiapkan.

Selain Pos penjagaan Brigadir RW, di kampung inggris tersebut juga disiapkan tempat pos untuk ngobrol antara mahasiswa dengan Brigadir. Karena, pos yang tempat ngobrol bersama itu untuk menampung keluhan permasalahan yang ada di kampung inggris.

Yanuar Edy, salah seorang mahasiswa asal Surabaya, mengaku sangat senang jika ada program ‘Bintara Kampung Inggris’, karena nantinya kenyamanan, ketenangan Kampung Inggris semakin terjamin.

“Memang sih mas, jarang ada kejadian menonjol kriminalitas, tapi dengan adanya petugas khusus polisi, akan semakin terjaga dan tenang para warga atau masyrakat yang sedang menimba ilmu di Kampung Inggris ini,” ujar Yanuar.

Brigadir Kampung Inggris atau BKI dilengkapi dengan sepeda angin, sepeda motor dan sebuah mobil. Sehari-hari mereka akan melakukan patroli keliling, dan mengatur arus lalu-lintas. Selain kedua tugas tersebut, BKI juga melakukan pemberantasan terhadap segala bentuk penyakit masyarakat, serta pendekatan dengan warga.

Peresmian brigadir Kampung Inggris dilakukan secara langsung oleh Kapolda Jawa Timur, Irjen Polisi Anton Setiadi pada Senin, 16 November 2015.

Tunggu apalagi? Mari belajar ke Kampung Inggris

Wujudkan Kampung Inggris “Nol Kriminal”, Kapolda Jatim Meresmikan Brigadir RW Kampung Inggris
Apakah artikel ini membantu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here