8 HAL POSITIF SELAIN BELAJAR YANG BISA KAMU LAKUKAN DI KAMPUNG INGGRIS

0
27

8 hal positif kampug inggris

Di kampung inggris tujuan utama kamu pasti belajar dan meningkatkan kemampuan bahasa inggris. Namun waktu 2 minggu, 1 bulan atau pun lebih akan sangat sia-sia jika hanya kamu habiskan untuk belajar. Karena banyak sekali kegiatan selain belajar yang bisa dilakukan selama kamu tinggal di kampung inggris. Tentunya pilihlah kegiatan-kegiatan yang positif.

Berikut mimin sajikan kegiatan-kegiatan positif yang bisa kamu lakukan di kampung inggris :

1. Memperbanyak teman

image002

Pelajar yang datang di kampung inggris tentunya bukan cuma kamu saja. Setiap bulan ada ratusan bahkan ribuan peserta yang datang untuk ikut kursus. Asalnya pun beragam, Jawa, sumatera, kalimantan, maluku, papua, bahkan tak jarang peserta kursus dari luar negeri seperti malaysia, jepang dan arab.

Hal ini gak boleh kamu sia-siakan. Bukalah pergaulan seluas-luasnya, jangan Cuma temen se-kost atau se-kelas saja. Kalau perlu setiap makan di warung kamu kenalan sama teman-teman di meja sebelah. Atau saat di jalan tebarlah senyuman dan sapalah orang-orang yang berpapasan dengan kamu. SKSD dikit gapapa lah. Saat kesempatan datang ajak ngobrol dan kenalan.

Kalau kamu beruntung teman kamu akan bertambah, kalaupun gagal kemungkinan terburuknya kamu di cap aneh, udah itu aja.

Tapi demi mendapatkan teman, sepertinya itu bukan halangan yang besar. Semakin banyak teman, hidup kamu akan semakin mudah, terutama saat dompet lagi tipis.

2. Berwisata (Jalan-jalan)

image003

Menjalani rutinitas belajar pagi dan malam otak kamu juga perlu refreshing. Kegiatan wisata bisa menjadi alternatif untuk dilakukan ditengah-tengah kesibukan belajar. Lokasi geografis dari kampung inggris yang cukup strategis memudahkan kamu untuk mengunjungi beberapa objek wisata di sekitar kota kediri.

Jarak yang tak terlalu jauh, tak memakan banyak waktu serta biaya yang terjangkau membuat kegiatan wisata seakan menjadi hal yang wajib saat kamu ke kampung inggris.

Objek-objek wisata yang bisa kamu kunjungi : Gunung Bromo, Batu malang (Jatim Park, Batu night Spectacular, air terjun coban rondo), gunung kelud, Monumen simpang lima gumul kediri, goa dan candi surowono pare, dll.

3. Wisata Kuliner

image004

Berada di tempat yang baru, rugi klo kamu gak nyobain aneka kulinernya. Kalo gak sekarang kapan lagi, belum tentu juga bulan depan atau tahun depan kamu kesini lagi.

Yang paling populer di kampung inggris dan wajib kamu coba adalah ketan susu dan pentol. Dua jajanan ringan ini sangat pas buat menjadi camilan di sela-sela kegiatan kursus. Harganya?? Murah bangeet, jangan khawatir. Untuk 1 porsinya kamu cukup mengeluarkan uang 2rb-3rb saja. Setara dengan biaya sekali parkir atau buang air kecil.

Selain makanan ini kuliner masih ada banyak lagi kuliner yang layak kamu incip : jenang grendul, bakso murah (4rb dah bisa makan bakso), telur mata gajah, nasi pecel, jenang sum-sum, bubur eropa dll. semakin banyak berkeliling semakin banyak kemungkinan kamu nemuin makanan-makanan enak di sini.

4. Olahraga

image005

Buat kamu yang sudah bertahun-tahun melatih otot kamu dan khawatir ototmu jadi lembek setelah di kampung inggris, jangan khawatir. Disini kamu juga bisa melakukan kegiatan olahraga seperti biasa saat istirahat kursus. Ada lokasi gym yang bisa kamu gunakan untuk olahraga dan menjaga kebugaran tubuh bareng temen-temen.

Kurang? Ada lapangan futsal juga.

Mahal?? Hmmm,, iya sih, butuh modal. Ya kalo mau gratisan kamu bisa memanfaatkan jalan kampung menjadi track jogging setiap pagi. Udara di kampung inggris masih relatif bersih dan segar, jadi cocok banget kalo buat jogging. Apalagi joggingnya bareng gebetan.

 5. Membersihkan kamar

image006

Kebersihan kamar adalah tanggung jawab masing-masing penghuni. Jangan harap ada ibu kost atau tutor camp yang berbaik hati mau merapikan tempat tidurmu, membuang sampah makanan kamu yang berserakan, atau menyapu dan mengepel lantai kamarmu.

Kamu harus melakukannya sendiri bersama temen sekamarmu. Nah kegiatan bersih-besih kamar ini bisa menjadi kegiatan positif diantara kesibukan belajarmu. Selain badan sehat karena berkeringat, kamarmu yang bersih akan semakin nyaman dan menambah semangatmu untuk tidur belajar.

6. Instropeksi diri

image007

Kegiatan positif yang satu ini gak sulit dan gak perlu keluar modal. Cukup dengan mencari lokasi yang pas buat sendiri, kamu udah bisa menjalankan ritual instropeksi. Beberapa tempat sepi yang bisa kamu jadikan lokasi instropeksi : Sawah, lapangan, masjid, halaman belakang kost.

Setelah ketemu tempat yang pas, kamu bisa mulai merenung tentang apapun. Misalnya apa sebenarnya tujuan kamu datang ke kampung inggris ini. Sudah sejauh mana perkembangan belajar kamu. Resolusi apa yang bisa kamu lakukan di sisa-sisa masa kursus mu.

Atau jika ingin lebih jauh lagi, kamu bisa merenungkan sebenarnya apa makna eksistensi kamu sebagai seorang manusia yang hidup di dunia yang fana ini. Bagaimana peran yang bisa kamu lakukan untuk pembangunan bangsa dan negara ini.

7. Berbagi Pengetahuan & pengalaman

image008

Jika kamu orang yang baik, tidak sombong dan suka berbagi informasi. Maka kegiatan ini pas buat kamu lakukan saat di kost dan lagi gak ada kegiatan kursus. Kamu bisa membuka medsos atau blog pribadi kamu dan mulai membagikan ilmu-ilmu bahasa inggris yang udah kamu dapatkan di tempat kursus.

Kamu juga bisa bercerita tentang perjalanan kamu mulai dari berangkat sampai tiba di lokasi serta kegiatan sehari-hari selama di kampung inggris. Jangan lupa sisipkan tips-tips yang bermanfaat untuk memudahkan mereka yang ingin mengikuti jejakmu. Selain mengisi waktu kosong, kegiatan ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan image kamu jadi terkesan baik maksimal.

8. Mencari jodoh

image009

Ditekankan sekali lagi, jodoh ya, bukan pacar atau sekedar gebetan. Apalagi ngegebet atau macarin pacar orang. Itu tidak baik kawan-kawan. Apalagi kalau ketahuan.

Karena keseriusan tujuannya, maka kegiatan mencari jodoh masuk ke kategori hal positif sebagai kegiatan sampingan selain kursus. Biasanya Faktor usia dan tekanan sosial yang secara sengaja mendesak kamu untuk segera menemukan jodoh. Mimin turut prihatin jika kamu ada di kondisi kayak gini.

Kabar baiknya, kamu berada di tempat yang tepat. DI kampung inggris ada banyak “bibit unggul” sesama peserta kursus dari berbagai penjuru nusantara. Banyaknya jumlah pilihan dan peluang ketemuan yang intensif membuat kegiatan mencari jodoh menjadi semakin mudah. Dengan catatan kamu juga memiliki bibit yang unggul.

Kalau gak, kamu justru akan semakin menjadi jomblo ngenes melihat teman-temanmu kesana-kemari membonceng pasangan barunya sedangkan kamu Cuma bisa mboncengin tas dan modul kursus.

Ada lagi kegiatan positif yang bisa kamu lakukan selama di kampung inggris?? Tulis di kolom komentar ya.

 

SUKA NULIS ARTIKEL SEPERTI INI??

YUK IKUTAN “KAMPUNG INGGRIS REWRITING ARTICLE CONTEST 2015”

8 HAL POSITIF SELAIN BELAJAR YANG BISA KAMU LAKUKAN DI KAMPUNG INGGRIS
Apakah artikel ini membantu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here